Istilah-istilah Penting dalam Komputer




Applet
Aplikasi Java kecil yang diunduh oleh browser web ActiveX atau Java-enabled. Setelah diunduh, applet akan berjalan di komputer pengguna. Applet umum termasuk kalkulator keuangan dan program menggambar web.

Aplikasi
Perangkat lunak komputer yang melakukan tugas atau serangkaian tugas, seperti pengolah kata atau menggambar. Aplikasi juga disebut sebagai program.

ASCII
American Standard Code for Information Interchange, sistem penyandian untuk mengubah karakter dan instruksi keyboard ke dalam kode angka biner yang dimengerti oleh komputer.

Bandwidth
Kapasitas koneksi jaringan. Bandwidth menentukan berapa banyak data yang dapat dikirim sepanjang kabel jaringan. Bandwidth sangat penting untuk koneksi Internet, karena bandwidth yang lebih besar juga berarti unduhan lebih cepat.

Kode biner
Bahasa paling dasar yang dimengerti komputer, terdiri dari serangkaian 0 dan 1. Komputer menafsirkan kode untuk membentuk angka, huruf, tanda baca, dan simbol.

Bit
Bagian terkecil dari informasi komputer, baik angka 0 atau 1. Singkatnya mereka disebut digit biner.

Boot
Untuk memulai komputer. Cold boot berarti me-restart komputer setelah daya dimatikan. Warm boot berarti me-restart komputer tanpa mematikan daya.

Browser
Perangkat lunak yang digunakan untuk menavigasi Internet. Google Chrome, Firefox, Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer adalah peramban paling populer saat ini untuk mengakses World Wide Web.

Bug
Malfungsi karena kesalahan dalam program atau cacat pada peralatan.

Byte
Sebagian besar komputer menggunakan kombinasi delapan bit, yang disebut byte, untuk mewakili satu karakter data atau instruksi. Misalnya, kata kucing memiliki tiga karakter, dan itu akan diwakili oleh tiga byte.

Cache
Area penyimpanan data memori kecil yang dapat digunakan komputer untuk mengakses kembali data secara instan, bukan membaca ulang data dari sumber aslinya, seperti hard drive. Browser menggunakan cache untuk menyimpan halaman web sehingga pengguna dapat melihatnya lagi tanpa terhubung kembali ke Web.

CAD-CAM
Computer Aided Drawing - Computer Aided Manufacturing. Instruksi yang disimpan dalam komputer yang akan diterjemahkan ke instruksi operasi yang sangat tepat untuk robot, seperti untuk merakit mobil atau papan tanda pemotongan laser.

CD ROM
Compact Disc Read-Only Memory, disk baca optik yang dirancang untuk menyimpan informasi seperti musik, bahan referensi, atau perangkat lunak komputer. Satu CD-ROM dapat menyimpan data sekitar 640 megabita, cukup untuk beberapa ensiklopedia. Sebagian besar program perangkat lunak sekarang dikirim dalam CD-ROM.

CGI
Common Gateway Interface, sebuah standar pemrograman yang memungkinkan pengunjung untuk mengisi kolom formulir di halaman Web dan memiliki informasi yang berinteraksi dengan database, mungkin kembali ke pengguna sebagai halaman Web lain. CGI juga dapat merujuk ke Imaging yang dihasilkan komputer, proses di mana program komputer yang canggih membuat grafik diam dan animasi, seperti efek khusus untuk film.

Obrolan
Mengetik teks ke kotak pesan di layar untuk terlibat dalam dialog dengan satu atau beberapa orang melalui Internet atau jaringan lain.

Chip
Sebuah wafer silikon kecil berisi sirkuit listrik mini yang dapat menyimpan jutaan bit informasi.

Client
Satu pengguna aplikasi jaringan yang dioperasikan dari server. Arsitektur client / server memungkinkan banyak orang untuk menggunakan data yang sama secara bersamaan. Komponen utama program (data) berada pada server terpusat, dengan komponen yang lebih kecil (antarmuka pengguna) pada setiap klien.

Cookie
File teks yang dikirim oleh server Web yang disimpan di hard drive komputer dan mengembalikan kembali ke server Web hal-hal tentang pengguna, komputernya, dan / atau aktivitas komputernya.

CPU
Unit pemrosesan utama. Otak komputer.

Cracker
Seseorang yang menerobos masuk ke komputer melalui jaringan, tanpa otorisasi dan dengan niat jahat atau merusak.

Crash
Masalah perangkat keras atau perangkat lunak yang menyebabkan hilangnya informasi atau kerusakan komputer. Terkadang crash dapat menyebabkan kerusakan permanen pada komputer.

Kursor
Indikator posisi bergerak ditampilkan pada monitor komputer yang menunjukkan operator komputer di mana tindakan atau operasi berikutnya akan dilakukan.

Cyberspace
Slang untuk internet yaitu. Konglomerasi internasional jaringan komputer yang saling terhubung. Dimulai pada akhir 1960-an, itu dikembangkan pada 1970-an untuk memungkinkan pemerintah dan peneliti universitas untuk berbagi informasi. Internet tidak dikontrol oleh satu kelompok atau organisasi. Fokus awalnya adalah penelitian dan komunikasi, tetapi terus berkembang, menawarkan beragam sumber daya untuk pengguna bisnis dan rumahan.

Database
Kumpulan informasi serupa yang disimpan dalam file, seperti basis data alamat. Informasi ini dapat dibuat dan disimpan dalam sistem manajemen basis data (DBMS).

Debug
Slang. Untuk menemukan dan memperbaiki kerusakan peralatan atau malfungsi program.

Default
Konfigurasi sistem atau aplikasi yang telah ditentukan sebelumnya. Di sebagian besar program, default dapat diubah untuk mencerminkan preferensi pribadi.

Desktop
Direktori utama antarmuka pengguna. Desktop biasanya berisi ikon yang mewakili tautan ke hard drive, jaringan (jika ada), dan tempat sampah atau daur ulang untuk file yang akan dihapus. Ini juga dapat menampilkan ikon aplikasi yang sering digunakan, seperti yang diminta oleh pengguna.

Desktop publishing
Pembuatan dokumen berkualitas publikasi menggunakan komputer pribadi yang dikombinasikan dengan teks, grafik, dan program tata letak halaman.

Direktori
Repositori tempat semua file disimpan di komputer.

Disk
Dua tipe berbeda. Nama-nama merujuk pada media di dalam wadah:

Hard disk menyimpan sejumlah besar data. Biasanya di dalam komputer tetapi bisa menjadi perangkat terpisah di luar. Cakram keras terdiri dari beberapa cakram logam berlapis kaku. Saat ini, cakram keras dapat menyimpan 15 hingga 30 Gb (gigabita).

Floppy disk, 3,5 "persegi, biasanya dimasukkan ke dalam komputer dan dapat menyimpan sekitar 1,4 megabyte data. The 3,5" disket persegi memiliki disk yang sangat tipis dan fleksibel di dalamnya. Ada juga disket berukuran menengah, disk Zip bermerek dagang, yang dapat menyimpan 250 megabyte data.

Disk drive
Peralatan yang mengoperasikan cakram keras atau floppy.

Domain
Mewakili alamat IP (Internet Protocol) atau serangkaian alamat IP yang terdiri dari domain. Nama domain muncul di URL untuk mengidentifikasi halaman web atau alamat email. Misalnya, alamat email untuk First Lady adalah first.lady@whitehouse.gov, whitehouse.gov, menjadi nama domain. Setiap nama domain diakhiri dengan akhiran yang menunjukkan apa domain level teratas yang dimilikinya. Ini adalah: .com untuk komersial, .gov untuk pemerintah, .org untuk organisasi, .edu untuk lembaga pendidikan, .biz untuk bisnis, .info untuk informasi, .tv untuk televisi, .ws untuk situs web. Sufiks domain juga dapat menunjukkan negara tempat domain tersebut terdaftar. Tidak ada dua pihak yang dapat memiliki nama domain yang sama.

Nama domain
Nama jaringan atau komputer yang terhubung ke Internet. Domain didefinisikan oleh alamat IP umum atau kumpulan alamat IP (Internet Protocol) yang serupa.

Unduh
Proses mentransfer informasi dari situs web (atau lokasi terpencil lainnya di jaringan) ke komputer. Anda dapat mengunduh file yang mencakup teks, gambar, audio, video, dan banyak lainnya.

DOS
Sistem Operasi Disk. Sistem operasi yang dirancang untuk PC yang kompatibel dengan IBM awal.

Menu drop down
Jendela menu yang terbuka secara vertikal di layar untuk menampilkan opsi yang terkait konteks. Juga disebut menu pop-up atau menu pull-down.

DSL
Digital Subscriber Line, metode menghubungkan ke Internet melalui saluran telepon. Koneksi DSL menggunakan saluran telepon tembaga tetapi mampu mengirim data pada kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada modem dan tidak mengganggu penggunaan telepon.

DVD
Disk Video Digital. Mirip dengan CD-ROM, ia menyimpan dan memutar audio dan video.

E-book
Perangkat pembacaan elektronik (biasanya dipegang tangan) yang memungkinkan seseorang melihat materi bacaan yang disimpan secara digital.

E-mail
Surat elektronik; pesan, termasuk memo atau surat, dikirim secara elektronik antara komputer berjaringan yang mungkin melintasi kantor atau di seluruh dunia.

Emoticon
Ekspresi emosi berbasis teks yang dibuat dari karakter ASCII yang meniru ekspresi wajah saat dilihat dengan kepala Anda miring ke kiri. Berikut beberapa contohnya:

Tersenyum
Mengernyit
Kedipan
Menangis

Enkripsi
Proses transmisi data acak sehingga hanya penerima yang berwenang yang dapat menguraikannya. Misalnya, enkripsi digunakan untuk mengacak informasi kartu kredit ketika pembelian dilakukan melalui Internet.

Ethernet
Suatu jenis jaringan.

Kartu ethernet
Sebuah papan di dalam komputer tempat kabel jaringan dapat dilampirkan.

File
Satu set data yang disimpan di komputer.

Firewall
Serangkaian program keamanan yang melindungi komputer dari gangguan atau akses luar melalui Internet.

Map
Struktur untuk memuat file elektronik. Di beberapa sistem operasi, ini disebut direktori.

Font
Kumpulan dari tipografi (atau karakter) yang datang dalam berbagai gaya dan ukuran.

Freeware
Perangkat lunak yang dibuat oleh orang-orang yang bersedia memberikannya untuk kepuasan berbagi atau mengetahui mereka membantu menyederhanakan kehidupan orang lain. Ini mungkin perangkat lunak bebas, atau mungkin menambah fungsionalitas ke perangkat lunak yang ada.

FTP
File Transfer Protocol, sebuah format dan seperangkat aturan untuk mentransfer file dari host ke komputer jarak jauh.

Gigabyte (GB)
1024 megabyte. Juga disebut pertunjukan.

Glitch
Penyebab kerusakan tak terduga.

Gopher
Alat pencarian Internet yang memungkinkan pengguna mengakses informasi tekstual melalui serangkaian menu, atau jika menggunakan FTP, melalui unduhan.

GUI
Graphical User Interface, sebuah sistem yang menyederhanakan pemilihan perintah komputer dengan memungkinkan pengguna untuk menunjuk ke simbol atau ilustrasi (disebut ikon) pada layar komputer dengan mouse.

Groupware
Perangkat lunak yang memungkinkan individu berjejaring untuk membentuk kelompok dan berkolaborasi dalam dokumen, program, atau basis data.

Peretas
Seseorang dengan keahlian teknis yang bereksperimen dengan sistem komputer untuk menentukan cara mengembangkan fitur tambahan. Peretas terkadang diminta oleh administrator sistem untuk mencoba dan membobol sistem melalui jaringan untuk menguji keamanan. Istilah hacker terkadang salah digunakan secara bergantian dengan cracker. Seorang hacker disebut topi putih dan seorang cracker topi hitam.

Hard copy
Cetakan kertas dari apa yang Anda siapkan di komputer.

Hard drive
Nama lain untuk hard disk yang menyimpan informasi di komputer.

Hardware
Komponen fisik dan mekanik dari sistem komputer, seperti sirkuit elektronik, chip, monitor, disk, disk drive, keyboard, modem, dan printer.

Home page
Halaman utama situs Web yang digunakan untuk menyapa pengunjung, memberikan informasi tentang situs, atau mengarahkan penampil ke halaman lain di situs.

HTML
Hypertext Markup Language, standar konvensi markup teks yang digunakan untuk dokumen di World Wide Web. Browser menafsirkan kode untuk memberikan struktur teks dan format (seperti tebal, biru, atau miring).

HTTP
Hypertext Transfer Protocol, sistem umum yang digunakan untuk meminta dan mengirim dokumen HTML di World Wide Web. Ini adalah bagian pertama dari semua alamat URL di World Wide Web.

HTTPS
Hypertext Transfer Protocol Aman, sering digunakan di situs internet intracompany. Kata sandi diperlukan untuk mendapatkan akses.

Hyperlink
Teks atau gambar yang dihubungkan oleh hypertext coding ke lokasi yang berbeda. Dengan memilih teks atau gambar dengan mouse, komputer melompat ke (atau menampilkan) teks yang ditautkan.

Hypermedia
Mengintegrasikan audio, grafik, dan / atau video melalui tautan yang tertanam dalam program utama.

Hypertext
Sebuah sistem untuk mengatur teks melalui tautan, yang bertentangan dengan hierarki yang dikendalikan menu seperti Gopher. Sebagian besar halaman Web termasuk tautan hypertext ke halaman lain di situs itu, atau ke situs lain di World Wide Web.

Icon
Simbol atau ilustrasi yang muncul di layar komputer yang menunjukkan file program atau fungsi komputer lainnya.

Input
Data yang masuk ke perangkat komputer.

Input device
Perangkat, seperti keyboard, stylus dan tablet, mouse, puck, atau mikrofon, yang memungkinkan input informasi (huruf, angka, suara, video) ke komputer.

Instant messaging (IM)
Aplikasi obrolan yang memungkinkan dua orang atau lebih untuk berkomunikasi melalui Internet melalui pesan-pesan masuk real-time.

Interface
Interkoneksi yang memungkinkan perangkat, program, atau seseorang untuk berinteraksi. Antarmuka perangkat keras adalah kabel yang menghubungkan perangkat ke sumber daya dan perangkat lain. Antarmuka perangkat lunak memungkinkan program untuk berkomunikasi dengan program lain (seperti sistem operasi), dan antarmuka pengguna memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan program (misalnya, melalui mouse, perintah menu, ikon, perintah suara, dll.).

Internet
Konglomerasi internasional jaringan komputer yang saling terhubung. Dimulai pada akhir 1960-an, itu dikembangkan pada 1970-an untuk memungkinkan pemerintah dan peneliti universitas untuk berbagi informasi. Internet tidak dikontrol oleh satu kelompok atau organisasi. Fokus awalnya adalah penelitian dan komunikasi, tetapi terus berkembang, menawarkan beragam sumber daya untuk pengguna bisnis dan rumahan.

IP (Internet Protocol) address
Alamat Protokol Internet adalah rangkaian angka unik yang digunakan untuk mencari komputer lain di jaringan. Format alamat IP adalah string 32-bit dari empat angka yang dipisahkan oleh titik. Setiap angka dapat dari 0 hingga 255 (yaitu, 1,154.10.255). Dalam alamat IP jaringan tertutup dapat ditugaskan secara acak, bagaimanapun, alamat IP dari server web harus terdaftar untuk menghindari duplikat.

Java
Bahasa pemrograman berorientasi objek yang dirancang khusus untuk program (terutama multimedia) untuk digunakan melalui Internet. Java memungkinkan pemrogram untuk membuat program kecil atau aplikasi (applet) untuk meningkatkan situs Web.

JavaScript/ECMA script
Bahasa pemrograman yang digunakan hampir secara eksklusif untuk memanipulasi konten di halaman web. Fungsi JavaScript umum termasuk memvalidasi formulir di halaman web, membuat menu navigasi halaman dinamis, dan rollover gambar.

Kilobyte (K atau KB)
Sama dengan 1.024 byte.

Linux
Sebuah sistem operasi open source UNIX yang dikembangkan terutama oleh Linus Torvalds. Linux gratis dan berjalan di banyak platform, termasuk PC dan Macintosh. Linux adalah sistem operasi open-source, yang berarti bahwa kode sumber dari sistem operasi tersedia secara gratis untuk umum. Programmer dapat menyebarluaskan dan memodifikasi kode, selama mereka tidak mengumpulkan royalti pada pekerjaan mereka atau menolak akses ke kode mereka. Karena pengembangan tidak terbatas pada satu perusahaan saja, lebih banyak programmer dapat men-debug dan memperbaiki kode sumber lebih cepat.

Laptop dan notebook
Kecil, ringan, komputer bertenaga baterai portabel yang bisa masuk ke pangkuan Anda. Mereka masing-masing memiliki layar kristal cair, datar, datar.

Makro
Skrip yang mengoperasikan serangkaian perintah untuk menjalankan fungsi. Ini diatur untuk mengotomatiskan tugas yang berulang.

Mac OS
Sistem operasi dengan antarmuka pengguna grafis, yang dikembangkan oleh Apple untuk komputer Macintosh. Sistem Saat Ini X.1. (10) menggabungkan antarmuka Mac tradisional dengan UNIX yang kuat yang mendasari. Sistem operasi untuk peningkatan kinerja dan stabilitas.

Megabyte (MB)
Sama dengan 1.048.576 byte, biasanya dibulatkan menjadi satu juta byte (juga disebut meg).

Memory
Penyimpanan sementara untuk informasi, termasuk aplikasi dan dokumen. Informasi harus disimpan ke perangkat permanen, seperti hard disk atau CD-ROM sebelum daya dimatikan, atau informasi akan hilang. Memori komputer diukur berdasarkan jumlah informasi yang dapat disimpan, biasanya dalam megabyte atau gigabita.

Menu
Daftar opsi yang terkait dengan konteks yang dapat dipilih pengguna.

Menu bar
Strip horizontal di bagian atas jendela aplikasi. Setiap kata di strip memiliki menu tarik-turun yang sensitif konteks yang berisi fitur dan tindakan yang tersedia untuk aplikasi yang digunakan.

Merge
Untuk menggabungkan dua atau lebih file ke dalam satu file.

MHz
Singkatan untuk Megahertz, atau satu juta hertz. Satu MHz mewakili satu juta siklus jam per detik dan merupakan ukuran kecepatan mikroprosesor komputer. Misalnya, mikroprosesor yang berjalan pada 300 MHz mengeksekusi 300 juta siklus per detik. Setiap instruksi yang diterima komputer membutuhkan jumlah siklus clock yang tetap untuk dijalankan, oleh karena itu semakin banyak siklus yang dapat dijalankan komputer per detik, semakin cepat programnya berjalan. Megahertz juga merupakan satuan ukuran untuk bandwidth.

Mikroprosesor
Unit pemrosesan sentral lengkap (CPU) yang terdapat pada chip silikon tunggal.

Minimize
Istilah yang digunakan dalam sistem operasi GUI yang menggunakan windows. Ini merujuk pada pengurangan jendela ke ikon, atau label di bagian bawah layar, memungkinkan jendela lain untuk dilihat.

Modem
Perangkat yang menghubungkan dua komputer bersama melalui telepon atau saluran kabel dengan mengubah data komputer menjadi sinyal audio. Modem adalah kontraksi untuk proses yang dilakukannya: memodulasi-demodulasi.

Monitor
Terminal tampilan video.

Mouse
Perangkat genggam kecil, mirip dengan trackball, digunakan untuk mengontrol posisi kursor pada tampilan video; Pergerakan mouse di desktop sesuai dengan gerakan kursor di layar.

MP3
Format file audio dan video ringkas. Ukuran file yang kecil membuat mereka mudah untuk mengunduh dan mengirim e-mail. Format yang digunakan dalam perangkat pemutaran portabel.

Multimedia
Program perangkat lunak yang menggabungkan teks dan gambar dengan suara, video, dan animasi. PC multimedia berisi perangkat keras untuk mendukung kemampuan ini.

MS-DOS
Sistem operasi awal yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation (Microsoft Disc Operating System).

Network
Suatu sistem komputer yang saling berhubungan.

Open source
Program komputer yang kode sumber aslinya terungkap ke masyarakat umum sehingga bisa dikembangkan secara terbuka. Perangkat lunak berlisensi sebagai open source dapat dengan bebas diubah atau disesuaikan dengan penggunaan baru, yang berarti bahwa kode sumber sistem operasi tersedia secara gratis untuk umum. Programmer dapat menyebarluaskan dan memodifikasi kode, selama mereka tidak mengumpulkan royalti pada pekerjaan mereka atau menolak akses ke kode mereka. Karena pengembangan tidak terbatas pada satu perusahaan saja, lebih banyak programmer dapat men-debug dan memperbaiki kode sumber lebih cepat.

Operating system
Serangkaian instruksi yang memberi tahu komputer tentang cara mengoperasikan saat dinyalakan. Ini menyiapkan sistem pengarsipan untuk menyimpan file dan memberi tahu komputer cara menampilkan informasi pada tampilan video. Sebagian besar sistem operasi PC adalah sistem DOS (sistem yang dioperasikan dengan cakram), yang berarti instruksi tersebut disimpan pada sebuah disk (sebagai kebalikan dari yang semula disimpan di mikroprosesor komputer). Sistem operasi terkenal lainnya termasuk UNIX, Linux, Macintosh, dan Windows.

Output
Data yang keluar dari perangkat komputer. Misalnya, informasi yang ditampilkan pada monitor, suara dari speaker, dan informasi yang dicetak ke kertas.

PC
Komputer pribadi. Umumnya mengacu pada komputer yang menjalankan Windows dengan prosesor Pentium.

Mother Board
Papan Sirkuit cetak, papan tercetak atau terukir dengan sirkuit dan prosesor. Suplai daya, perangkat penyimpanan informasi, atau pengubah terpasang.

PDA
Personal Digital Assistant, komputer genggam yang dapat menyimpan janji harian, nomor telepon, alamat, dan informasi penting lainnya. Sebagian besar PDA terhubung ke komputer desktop atau laptop untuk mengunduh atau mengunggah informasi.

PDF
Portable Document Format, format yang disajikan oleh Adobe Acrobat yang memungkinkan dokumen untuk dibagikan melalui berbagai sistem operasi. Dokumen dapat berisi kata-kata dan gambar dan diformat untuk memiliki tautan elektronik ke bagian lain dari dokumen atau ke tempat di web.

Pentium chip
Generasi kelima Intel dari mikroprosesor berkecepatan tinggi canggih. Pentium berarti elemen kelima.

Periferal
Setiap perangkat eksternal yang terpasang ke komputer untuk meningkatkan operasi. Contohnya termasuk hard drive eksternal, scanner, printer, speaker, keyboard, mouse, trackball, stylus dan tablet, dan joystick.

Personal Computer (PC)
Komputer pengguna tunggal yang berisi unit pemrosesan sentral (CPU) dan satu atau beberapa sirkuit memori.

Petabyte
Ukuran memori atau kapasitas penyimpanan dan kira-kira seribu terabyte.

Petaflop
Ukuran teoritis dari kecepatan komputer dan dapat dinyatakan sebagai seribu-triliun operasi floating-point per detik.

Peron
Sistem operasi, seperti UNIX, Macintosh, Windows, yang menjadi dasar komputer.

Plug and Play
Perangkat keras komputer atau periferal yang datang dengan perangkat lunak yang diperlukan sehingga ketika terpasang ke komputer, mereka dikenali oleh komputer dan siap untuk digunakan.

Menu pop-up
Jendela menu yang terbuka secara vertikal atau horizontal di layar untuk menampilkan opsi yang terkait konteks. Juga disebut menu drop-down atau menu pull-down.

Power PC
Pesaing chip Pentium. Ini adalah generasi baru mikroprosesor canggih canggih yang dihasilkan dari aliansi Apple-IBM-Motorola.

Printer
Perangkat mekanik untuk mencetak output komputer di atas kertas. Ada tiga jenis printer utama:

  • Dot matrix - membuat huruf tersendiri, terdiri dari serangkaian titik tinta kecil, dengan meninju pita dengan ujung kabel kecil. (Jenis printer ini paling sering digunakan dalam pengaturan industri, seperti surat langsung untuk label.)


  • Ink jet - menyemprotkan tetesan kecil partikel tinta ke kertas.


  • Laser - menggunakan seberkas cahaya untuk mereproduksi gambar setiap halaman menggunakan muatan magnet yang menarik toner kering yang ditransfer ke kertas dan disegel dengan panas.


Program
Serangkaian instruksi yang tepat yang ditulis dalam bahasa komputer yang memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Program juga disebut perangkat lunak atau aplikasi.

Bahasa pemrograman
Serangkaian instruksi yang ditulis oleh programmer sesuai dengan seperangkat aturan atau konvensi tertentu (sintaks). Bahasa pemrograman tingkat tinggi tidak bergantung pada perangkat tempat aplikasi (atau program) pada akhirnya akan berjalan; bahasa tingkat rendah khusus untuk setiap program atau platform. Instruksi bahasa pemrograman diubah menjadi program dalam bahasa khusus untuk mesin atau sistem operasi tertentu (bahasa mesin). Sehingga komputer dapat menafsirkan dan melaksanakan instruksi. Beberapa bahasa pemrograman umum adalah BASIC, C, C ++, dBASE, FORTRAN, dan Perl.

Puck
Perangkat input, seperti mouse. Ini memiliki kaca pembesar dengan garis bidik di bagian depan yang memungkinkan operator untuk memposisikannya tepat ketika menelusuri gambar untuk digunakan dengan perangkat lunak CAD-CAM.

Menu pull-down
Jendela menu yang terbuka secara vertikal di layar untuk menampilkan opsi yang terkait konteks. Juga disebut menu drop-down atau menu pop-up.

Teknologi push
Alat internet yang memberikan informasi spesifik langsung ke desktop pengguna, menghilangkan kebutuhan untuk berselancar untuk itu. PointCast, yang memberikan berita dalam kategori yang ditentukan pengguna, adalah contoh populer dari teknologi ini.

RAM
Random Access Memory, salah satu dari dua tipe dasar memori. Bagian program disimpan dalam RAM ketika program diluncurkan sehingga program akan berjalan lebih cepat. Meskipun PC memiliki jumlah RAM yang tetap, hanya sebagian yang akan diakses oleh komputer pada waktu tertentu. Juga disebut memori.

Klik kanan
Menggunakan tombol kanan mouse untuk membuka menu dropdown konteks-sensitif.

ROM
Read-Only Memory, salah satu dari dua tipe dasar memori. ROM hanya berisi informasi permanen yang diberikan oleh produsen. Informasi dalam ROM tidak dapat diubah, atau memori dapat secara dinamis dialokasikan oleh komputer atau operatornya.

Scanner
Perangkat elektronik yang menggunakan peralatan penginderaan cahaya untuk memindai gambar kertas seperti teks, foto, dan ilustrasi dan menerjemahkan gambar menjadi sinyal yang dapat disimpan, dimodifikasi, atau didistribusikan komputer.

Mesin pencari
Perangkat lunak yang memungkinkan untuk mencari dan mengambil materi di Internet, khususnya Web. Beberapa mesin pencari populer adalah Alta Vista, Google, HotBot, Yahoo !, Web Crawler, dan Lycos.

Server
Komputer yang berbagi sumber daya dan informasi dengan komputer lain, yang disebut klien, di jaringan.

Shareware
Perangkat lunak yang dibuat oleh orang-orang yang bersedia menjualnya dengan biaya rendah atau tanpa biaya untuk gratifikasi berbagi. Ini mungkin perangkat lunak freestanding, atau mungkin menambah fungsionalitas ke perangkat lunak yang ada.

Perangkat lunak
Program komputer; juga disebut aplikasi.

Spider
Mesin pencari proses digunakan untuk menyelidiki halaman baru di situs web dan mengumpulkan informasi yang perlu dimasukkan ke dalam indeks mereka.

Spreadsheet
Perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menghitung angka dalam format yang mirip dengan halaman dalam buku besar konvensional.

Penyimpanan
Perangkat yang digunakan untuk menyimpan sejumlah besar informasi sehingga dapat diambil dengan mudah. Perangkat termasuk RAID, CD-ROM, DVD.

Streaming
Mengambil paket-paket informasi (suara atau visual) dari Internet dan menyimpannya dalam file-file sementara untuk memungkinkannya bermain secara kontinyu.

Stylus dan tablet
Perangkat input yang mirip dengan mouse. Stylus berbentuk pena. Ini digunakan untuk menggambar di tablet (seperti menggambar di atas kertas) dan tablet mentransfer informasi ke komputer. Tablet merespons tekanan. Semakin kuat tekanan yang digunakan untuk menggambar, semakin tebal garis yang muncul.

Surfing
Menjelajahi Internet.

Telnet
Suatu cara untuk berkomunikasi dengan komputer jarak jauh melalui jaringan.

Trackball
Perangkat input yang mengontrol posisi kursor di layar; unit dipasang dekat keyboard, dan gerakan dikendalikan dengan menggerakkan bola.

Terabita (TB)
Seribu gigabyte.

Teraflop
Ukuran kecepatan komputer. Ini dapat dinyatakan sebagai satu triliun operasi floating-point per detik.

UNIX
Sistem operasi yang sangat kuat digunakan sebagai dasar dari banyak aplikasi komputer high-end.

Unggah
Proses mentransfer informasi dari komputer ke situs web (atau lokasi terpencil lainnya di jaringan). Untuk mentransfer informasi dari komputer ke situs web (atau lokasi terpencil lainnya di jaringan).

URL
Uniform Resource Locator.

Protokol untuk mengidentifikasi dokumen di Web.
Alamat Web (misalnya, www.tutorialspoint.com). URL unik untuk setiap pengguna. Lihat juga domain.

UPS
Catu Daya Universal atau Catu Daya Tanpa Interupsi. Catu daya listrik yang mencakup baterai untuk menyediakan daya yang cukup untuk komputer selama pemadaman untuk cadangan data dan ditutup dengan benar.

USB
Konektor USB multi-soket yang memungkinkan beberapa perangkat yang kompatibel dengan USB untuk dihubungkan ke komputer.

USENET
Papan buletin besar yang tidak dimoderasi dan tidak diedit di Internet yang menawarkan ribuan forum, yang disebut newsgroup. Ini berkisar dari newsgroup yang bertukar informasi tentang kemajuan ilmiah hingga klub penggemar selebriti.

Telekonferensi video
"Obrolan tatap muka" jarak jauh, ketika dua atau lebih orang menggunakan webcam dan sambungan telepon Internet mengobrol online. Webcam ini memungkinkan suara dan video langsung.

Virtual reality (VR)
Teknologi yang memungkinkan seseorang untuk mengalami dan berinteraksi dengan gambar dalam simulasi lingkungan tiga dimensi. Misalnya, Anda dapat mendesain ruangan di sebuah rumah di komputer Anda dan benar-benar merasa bahwa Anda berjalan di dalamnya meskipun itu tidak pernah dibangun. (The Holodeck dalam serial TV sains-fiksi Star Trek: Voyager akan menjadi realitas maya akhir.) Teknologi saat ini mengharuskan pengguna untuk mengenakan helm khusus, melihat kacamata, sarung tangan, dan peralatan lain yang mentransmisikan dan menerima informasi dari komputer.

Virus
Sebuah kode komputer yang tidak sah yang melekat pada program komputer atau bagian dari sistem komputer yang secara diam-diam menyalin dirinya dari satu komputer ke komputer lain dengan cakram bersama dan melalui saluran telepon dan kabel. Ini dapat menghancurkan informasi yang disimpan di komputer, dan dalam kasus yang ekstrim, dapat merusak pengoperasian. Komputer dapat dilindungi dari virus jika operator menggunakan perangkat lunak pencegahan virus yang baik dan menjaga definisi virus tetap up to date. Sebagian besar virus tidak diprogram untuk menyebarkan diri. Mereka harus dikirim ke komputer lain melalui e-mail, berbagi, atau aplikasi. Worm adalah pengecualian, karena diprogram untuk mereplikasi dirinya sendiri dengan mengirimkan salinan ke komputer lain yang tercantum dalam buku alamat e-mail di komputer. Ada banyak jenis virus, misalnya:

  • Boot virus menempatkan beberapa kode mereka di sektor disk start-up untuk secara otomatis mengeksekusi ketika boot. Oleh karena itu, ketika mesin yang terinfeksi melakukan boot, virus akan memuat dan berjalan.


  • File virus yang dilampirkan ke file program (file dengan ekstensi .exe). Ketika Anda menjalankan program yang terinfeksi, kode virus dijalankan.


  • Virus makro menyalin makro mereka ke template dan / atau file dokumen aplikasi lainnya.


  • Trojan Horse adalah program yang merusak keamanan dan merusak yang disamarkan sebagai sesuatu seperti screen saver atau permainan.


  • Worm meluncurkan aplikasi yang menghancurkan informasi di hard drive Anda. Ini juga mengirimkan salinan virus ke semua orang di buku alamat e-mail komputer.


WAV
Format suara (diucapkan gelombang) yang digunakan untuk mereproduksi suara di komputer.

Web Cam
Sebuah kamera video / pengaturan komputer yang mengambil gambar hidup dan mengirimnya ke browser Web.

Window
Sebagian dari layar komputer yang digunakan dalam antarmuka grafis yang memungkinkan pengguna untuk memilih perintah dengan menunjuk ke ilustrasi atau simbol dengan mouse. "Windows" juga merupakan nama yang diadopsi Microsoft untuk sistem operasinya yang populer.

World Wide Web ("WWW" atau "Web")
Jaringan server di Internet yang menggunakan basis data dan file yang terkait dengan hypertext. Ini dikembangkan pada tahun 1989 oleh Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan komputer Inggris, dan sekarang platform utama dari Internet. Fitur yang membedakan Web dari aplikasi Internet lainnya adalah kemampuannya untuk menampilkan grafis selain teks.

Pengolah kata
Sistem komputer atau program untuk mengatur, mengedit, merevisi, mengoreksi, menyimpan, dan mencetak teks.

WYSIWYG
Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan. Saat menggunakan sebagian besar pengolah kata, program tata letak halaman (Lihat desktop publishing), dan program desain halaman web, kata-kata dan gambar akan ditampilkan pada monitor karena mereka akan melihat halaman yang dicetak atau halaman web.


Previous Post Next Post