Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli


Belajar Gratis - Dalam hal ini, banyak ahli memberikan pemahaman tentang komunikasi, tujuan, fungsi, syarat dan manfaat komunikasi atau dampak komunikasi pada kehidupan sehari-hari. Pengertian komunikasi secara umum adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua orang atau lebih efektif sehingga dapat dengan mudah dipahami.

pengertian komunikasi

Istilah komunikasi dalam bahasa Inggris disebut komunikasi yang, dalam hal ini, berasal dari kata "komunikasi" atau "komunis" yang memiliki arti yang sama atau makna yang sama yang memiliki arti saling pengertian. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, komunikasi adalah tentang mengirim dan menerima pesan atau berita dari dua orang atau lebih sehingga pesan tersebut dapat dipahami.

Pengertian komunikasi menurut para ahli

Pemahaman komunikasi menurut para ahli, termasuk:

Menurut James A.F. Stoner

Apakah ini proses di mana seseorang mencoba memahami dengan mentransfer pesan.

Menurut Prof. Drs. H.A.W. Widjaya

Yang berarti pengertian komunikasi adalah hubungan kontak antara dan antara individu dan kelompok.

Menurut William F. Glueck

Komunikasi ini dapat dibagi menjadi beberapa bentuk sebagai berikut:

Komunikasi antarpribadi
Komunikasi Interpersonal (komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi dan mentransfer pemahaman antara dua orang atau lebih dalam sekelompok kecil manusia.

Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi adalah suatu proses di mana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan menyampaikan pemahaman kepada banyak orang di dalam organisasi dan kepada orang-orang dan lembaga di luar hubungan.

Tujuan komunikasi

Secara umum, tujuan komunikasi adalah sebagai berikut:
Agar komunikator mengungkapkannya, harus dipahami oleh komunikator, tetapi juga harus menerjemahkan pesan utama sejelas dan sejelas mungkin.

Untuk memahami orang lain, dengan berkomunikasi, setiap orang dapat memahami orang lain dengan kemampuan untuk mendengar apa yang dibicarakan orang lain.

Agar pendapat kita diterima oleh orang lain, komunikasi dan pendekatan persuasif adalah sarana di mana gagasan kita diterima oleh orang lain.

Dengan mendorong orang lain untuk melakukan sesuatu, dengan mengadopsi pendekatan komunikasi dan persuasi, kita dapat menciptakan persepsi yang sama dengan orang-orang dan kemudian melakukannya sesuai dengan keinginan kita.

Fungsi komunikasi

Di antara manfaat dan efek komunikasi, fungsi memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Secara umum, fungsi komunikasi adalah sebagai berikut:

Sebagai kontrol
Fungsi komunikasi sebagai kontrol berarti bahwa komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku orang lain atau anggota dalam banyak hal yang harus dipatuhi.

Sebagai motivasi
Komunikasi membantu mengembangkan motivasi dengan memberikan penjelasan tentang berbagai hal dalam hidup kita.

Sebagai pengungkapan emosional
Komunikasi berperan dalam mengekspresikan perasaan terhadap orang lain, apakah bahagia, bahagia, kecewa atau tidak suka orang lain.

Untuk informasi
Komunikasi menyediakan informasi yang diperlukan untuk setiap individu dan kelompok untuk pengambilan keputusan dengan mengirimkan data untuk digunakan mengenai dan mengevaluasi pilihan alternatif.

Syarat-syarat komunikasi

Dengan mengkomunikasikan kondisi tertentu yang diperlukan untuk penggunaannya, kondisi komunikasi adalah sebagai berikut:

Sumber "Sumber"
Sumber adalah dasar untuk menyebarkan pesan untuk memperkuat pesan itu sendiri. Sumber komunikasi adalah orang, lembaga, buku, dan lainnya.

Komunikator
Komunikator adalah aktor yang mengirimkan pesan dalam bentuk individu yang berbicara atau penulis juga dapat berupa kelompok orang, organisasi komunikasi seperti televisi, radio, film, surat kabar, dll.

Pesan
Pesan adalah keseluruhan pesan yang disampaikan oleh komunikator. Tema utama dari pesan tersebut adalah panduan untuk mengubah sikap dan perilaku orang lain.

Saluran "channel"
Saluran adalah komunikator yang digunakan untuk menyampaikan pesan, saluran komunikasi dalam bentuk saluran formal "resmi" dan informal "tidak resmi", saluran formal adalah saluran yang mengikuti garis kewenangan organisasi, seperti dalam bentuk rumor, rumor dan rumor.

komunikan
Komunikan adalah penerima pesan komunikatif dalam bentuk individu, kelompok, dan massa.

Efek "Hasil"
Efek adalah hasil akhir dari suatu komunikasi dengan bentuk perubahan sikap dan perilaku dari komunikator. Modifikasi mungkin atau mungkin tidak diinginkan, sesuai dengan keinginan komunikator.

Previous Post Next Post