Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id

Kondisi pertanian di Indonesia, kini terasa cukup memprihatinkan.

Di mana Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris (negara yang maju pertaniannya), sekarang malah mengimpor makanan pokoknya dari negara lain. Padahal sebenarnya rakyat dan bumi kita yang tercinta ini masih dapat memenuhi kebutuhan beras untuk makan kita sehari-hari. Bukan hanya beras tetapi hasil pertanian lain pun mengalami nasib yang demikian. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
Agroteknologi.web.id

Lahan Pertanian yang Kian Menyusut Akibat Pembukaan Lahan Untuk Perumahan.

Indonesia adalah negara produsen beras ketiga dunia setelah China dan India. Kontribusi Indonesia terhadap produksi beras dunia kira-kira sebesar 8,5% (51 juta ton). Produksi beras Indonesia yang begitu tinggi tersebut belum bisa mencukupi kebutuhan penduduknya. Dilihat dari semua aspek, kondisi Indonesia sendiri masih banyak kekurangan. Kekurangan tersebut bukan semata berasal dari pemerintahannya saja tetapi penduduknya juga.

Indonesia sangat membutuhkan terobosan-terobosan dalam bidang teknologi pertanian.

Perbaikan dari lapisan masyarakat sangat dibutuhkan, swasembada benih, penyuluhan dan dibentuk forum pertanian misalnya. Hal ini tentu menjadi hal yang cerdas untuk dilakukan. Terobosan-terobosan dari hilir akan sangat berpengaruh dengan hasil yang ingin dicapai.
Misalnya dengan adanya forum pertanian baik itu berupa forum online maupun offline, tentunya akan mempunyai manfaat dan andil yang besar dalam pengembangan teknologi pertanian. Untuk lapisan masyarakat yang dalam tanda kutip belum ada teknologi Teknik Informasi online bisa dibuat forum perkumpulan masyarakat desa, untuk online tentunya di Indonesia dengan kemajuan teknologi sudah banyak sekali forum-forum online yang kredibel.

Apa keuntungan dari forum?

Contoh lagi yang sudah bisa dilihat hasilnya adalah forum peternakan sapi yang digerakan di tiap-tiap desa. Sudah hampir 8 tahun pemberdayaan ternak hewan di desa sudah sangat maju. Terbukti masyarakat yang sebelumnya tidak punya ternak hewan bisa mempunyai ternak hewan dengan teknik bagi hasil dengan pemerintah. Hal ini bisa diterapkan juga untuk bidang sayuran dan buah, mengingat Indonesia sendiri dengan musim yang kondusif untuk beternak dan berkebun. Dengan kandungan tanah yang subur dan jumlah petani Indonesia yang tidak sedikit tentunya akan sangat menguntungkan bagi petani dan pemerintah.
Nah, sekarang tinggal bagaimana pemerintah mengeluarkan terobosan-terobosan yang bagus untuk masyarakat petani di Indonesia. Meski petani sekarang sudah banyak beralih ke pertanian modern, namun peran pemerintah sangatlah dibutuh demi kemajuan pertanian INDONESIA. Jadi kondisi pertanian 2016 ini sedikitnya mengalami kemajuan dibandingkan dengan tahun lalu, ya walau sedikit namun maju, mulai saat ini sudah tugas kita untuk mendukung dan mempraktikan pengetahuan kita ke arah yang lebih maju, bagaimana caranya ?
Saya yakin anda memiliki pendapat jadi bagaimana menurut pendapat anda, kami membutuhkan saran anda bagaimana untuk lebih maju pertanian Indonesia ini ? kami menampung saran anda dan kami akan melakukan gerakan itu, kami butuh ide agar kemajuan pertanian bisa merata.


Post a Comment

Silakan berikan komentar jika link rusak.
Berkomentarlah dengan baik :)

Previous Post Next Post