Materi Training Customer Service

Customer adalah raja karena mereka yang membuat bisnis kita berkembang. Apakah suatu organisasi yang menawarkan produk atau jasa, tidak akan menjadi bisnis yang bagus jika tidak dapat menemukan sekelompok orang yang bersedia untuk menjadi Customer kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana kita dapat menjaga setiap Customer akan merasa puas dengan servis kita berikan sehingga bisnis dapat berkembang.

Siapakah Customer?

Customer atau pelanggan adalah siapapun yang menggunakan produk, layanan atau ide kita. Transaksi keuangan dapat atau mungkin tidak menjadi bagian dari ketentuan ini, ada dua jenis customer yaitu Internal Customer dan Eksternal Customer.

Internal Customer
Customer yang langsung terhubung dengan organisasi disebut Customer internal. Biasanya, Customer internal adalah bagian dari organisasi, seperti stakeholders, karyawan, Departemen atau pemegang saham.
Misalnya, setiap produk memiliki panduan pengguna atau petunjuk pengguna yang terkait dengannya. Untuk mengembangkan ini sebuah tim pengembangan konten atau Departemen dibuat, yang harus menyediakan materi ke Departemen Kemasan. Sekarang Departemen pengemasan akan menjadi Customer internal dari tim pengembangan konten.

Eksternal Customer

Customer diluar organisasi/bisnis disebut Customer eksternal. Misalnya, siapapun yang membeli kulkas, perancang jas atau perangkat lunak adalah Customer perusahaan manufaktur itu.
Konsep Customer internal diperkenalkan pada 1988 oleh Joseph M Juran, seorang penulis manajemen mutu. Sejak itu konsep ini telah menjadi penting untuk memastikan seluruh organisasi berjalan dengan manjemen yang baik. Hal ini juga diyakini bahwa sebuah organisasi yang mampu memuaskan Customer internal yang lebih siap untuk memuaskan Customer eksternal.

Apa itu Customer Service?
Melayani kebutuhan Customer dan memecahkan masalah mereka disebut Customer Service. Customer Service dimulai saat Anda terhubung dengan Customer untuk memenuhi kebutuhannya dan terus berlanjut, bahkan setelah persyaratan terpenuhi. Layanan mungkin diperlukan sebelum, selama dan setelah Customer membeli produk atau layanan.



Karakteristik Customer Service
Berikut ini adalah karakteristik Customer Service yang bagus :
·        Being prompt - Apapun layanan atau produk yang Anda janjikan kepada Customer, tepat waktu dalam pelayanan. Perubahan atau pembatalan di kemudian hari dapat membahayakan Anda dan reputasi organisasi Anda.
·        Knowing your P’s and Q’s − Anda harus bersikap sopan kepada Customer Anda sepanjang waktu. Selain pembukaan dan penutupan salam, misalnya memulai percakapan dengan silahkan, sapaan yang sopan kepada customer, terima kasih. Menampilkan perilaku terbaik Anda kepada setiap Customer.
·        Being professional -Tampilkan empati untuk masalah Customer Anda saat menghormati mereka. Jangan pernah membuat mereka merasa direndahkan karena mereka memiliki masalah yang tidak dapat mereka selesaikan sendiri.
·        Striking a personal chord − Anda harus mencoba untuk membangun persamaan pribadi dengan Customer. Sebuah sentuhan pribadi seperti memanggil Customer dengan nama bisa membuat mereka akrab dengan Anda.
·        Listening attentively Mendengarkan dengan penuh perhatian, jangan pernah mengganggu Customer saat dia menjelaskan permasalahan atau keluhan. Buatlah catatan tentang poin yang menonjol dan meminta klarifikasi nanti.
·        Asking right questions − jika Anda telah mendengarkan permintaan Customer dengan penuh perhatian dan Anda memiliki pengetahuan menyeluruh tentang produk atau layanan Anda, Anda harus dapat mengajukan pertanyaan yang tepat yang akan membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan Customer.
·        Taking responsibility − Anda harus merasa bertanggung jawab secara pribadi untuk memecahkan pertanyaan Customer. Jangan pernah berasumsi bahwa Anda hanya wakil dari tim yang bertanggung jawab dari bisnis Anda.

Previous Post Next Post