Cara Mengajukan Appeal Google Play Console

Cara Mengajukan Appeal Google Play Console memang gampang-gampah susah. Layaknya susahnya pengen ngajak balikan sama mantan. Tapi kali ini akan Saya berikan tips untuk balikan sama mantan, ups.. balikan dengan layanan google maksudnya.

Sebagai developer Android kadang kita sering mengindahkan kebijakan-kebijakan yang diberikan oleh pihak google. Google mempunyai banyak sekali layanan, dan setiap layanan ada kebijakan-kebijakan yang harus dipatuhi, Apabila kita melanggar kebijakan yang diberikan oleh pihak Google, maka pihak google tidak segan-segan akan menghentikan (banned) satu layanan atau lebih, atau bahkan akun kita di banned dan kita tidak bisa lagi menggunakan seluruh layanan dari google.

gambar dari google images

Kali ini Saya akan membahas sesuai dengan pengalaman Saya yaitu pernah beberapa kali akun Saya di "terminated" oleh google. Adapun yang pernah Saya alami adalah akun Saya ditangguhkan selama 1 Bulan karena melanggar kebijakan goole adsense (dalam hal ini google admob). Karena kejadian tersebut seluruh penayangan google adsense Saya ditangguhkan selama 1 bulan (YouTube, Adsense for content dan Google Admob). Akhirnya setelah satu bulan penanyan google ads diaktifkan kembali.

Kemudian baru-baru ini Saya dikagetkan dengan penghentian Google Play Console. Google Play Console sendiri adalah layanan dari google yang memungkinkan kita dapat mengupload aplikasi android di google playstore, dengan syarat kita melakukan pembayaran sebanyak 25$ (life time). Tentunya berbeda denga Appstore (Apple Apps) dimana developer harus membayar sebanyak 99$ selama 1 Tahun.

Sebelumya Saya mengupload sekitar 20 aplikasi. Dan diantara 20 aplikasi tersbut ada 2 aplikasi yang mendapat peringatan dari google. Kejadian ini bermula ketika saya mempublish aplikasi diplaystore, kemudian beberapa menit kemudian saya mendapat e-mail dari google karena saya melakukan penyalah gunaan kebijakan privasi selama 3 kali berturut-turut (google memberi istilah multiple strikes). Isi e-mail itu memberitahukan saya bahwa google paly console saya tidak bisa lagi digunakan. Dan yang lebih ngeri apabila saya mendaftar lagi dengan akun baru saya tetap tidak bisa menggunakan google play console.

Satu-satunya cara untuk mengembalikan akun saya adalah dengan mengajukan banding. Dan apabila banding yang kita ajukan disetujui pihak google maka layanan saya akan diaktifkan kembali. Efek dari penghentian akun ini adalah seluruh aplikasi yang sudah diupload di google playstore akan dihapus.

Langkah yang yang lakukan adalah mengajukan banding dengan mengisi form yang ada di e-mail saya. Apa saja yang diisikan? Ada Beberapa hal yang harus kita isi di form appeal ini yaitu :

1. Alasan kenapa aplikasi (akun google play saya) harus dipertahankan. Alasan Saya berikan yang sebenar-benarnya, natural karena yang memerikasa adalah human bukan BOT dan tentunya ditulis dengan bahasa inggris, karena pihak google hanya memfasilitasi salah satunya adalah bahasa inggris. Sedangkan untuk bahasa indonesia belum tersedia.

2. Dokumen pembantu. Saya mengupload dokumen dalam bentuk PDF (resmi dengan cap) karena pelanggaran yang Saya lakukan berhubungan dengan instansi. Dan dokumen berupa capture gambar.

3. ID Aplikasi. ID aplikasi yang terkena penangguhan.

Pihak Google akan memberi jawaban paling cepat 2 hari kerja. Namun, setelah satu hari Saya mendapatkan e-mail jawaban dari google support yang isinya bahwa akun saya tidak melanggar kebijan dan murni error dari sistem google. horai.. akhirnya akun google play Saya kembali bisa digunakan dan saya bisa mengupload aplikasi saya di google playstore.

Nah sobat, begitulah kejadian yang saya alami ketika mendapat surat cinta dari google yang isinya penghentian akun dan cara saya mengajukan banding. Apabila sobat ada pertanyaan, silakan bertanya di kolom komerntar. Suwun...
Previous Post Next Post